Fikri Senada : Belajar Budidaya Pinang Betara

on Jumat, 26 Juli 2019

"JANGAN BERHENTI BELAJAR" menyongsong harapan Bengkulu Selatan Bercahaya!

Alhamdulillah beberapa waktu yg lalu saya berkesempatan utk hadir sekaligus belajar "MENANAM PINANG WANGI DAN PINANG BETARA" langsung dari ahlinya di Balai Penelitian Benih dan Bibit Pertanian Kementerian Pertanian yang berada di Provinsi Sumatera Barat.

"Indonesia merupakan negara penghasil pinang terbesar kelima dunia setelah India, Taiwan, Myanmar dan Banglades"

Berdasarkan data Dirjen pertanian, sedikitnya ada 14 provinsi yang memiliki area cukup baik untuk tanaman pinang, seperti Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Sejak 5 tahun terakhir, tren budidaya pinang kian tumbuh disejumlah daerah di Indonesia. SEMOGA MENJADI NEGARA PRODUKSI PINANG TERBESAR DI DUNIA!

Dari nilai ekonomisnya ternyata BUDIDAYA PINANG SANGAT BAGUS, Analisa Usaha Budidaya Pinang Intensif. Dalam 1 hektar (ha) lahan pinang dapat ditanami sekitar 1.000 batang pohon dengan asumsi jarak tanam 4 x 3 meter. Jika dalam setiap pohon menghasilkan 25 kg buah basah, maka dalam sekali panen (6 bulan) dapat menghasilkan sebanyak 25.000 ton buah basah dan 50.000 ton dalam setahun.

"LUAR BIASA, PANTAS BANYAK YANG BILANG MENANAM PINANG SAMA DENGAN MENAMBUNG EMAS"

ayoo adiak sanak, kitau belajar dan belajar, WAKTU TIDAK MENUNGGU KITA YANG LAMBAT, jika saatnya ayoo kitau bangkit!!

(Mr. F)




0 komentar:

Posting Komentar